Inheritance (Pewarisan)

Salah satu konsep dasar dari pemrograman berbasis objek pada java adalah Inheritance, berikut ini saya akan memberikan sedikit gambaran tentang inheritance.
Pada dasarnya, kita melakukan inheritance(pewarisan) untuk membuat suatu class baru(class turunan/subclass) yang masih memiliki sifat atau spesifikasi dari superclass.
Di dalam Java untuk mendeklarasikan suatu class sebagai subclass dilakukan dengan cara menambahkan kata kunci extends setelah deklarasi nama class, kemudian diikuti dengan nama parent class-nya. Kata kunci extends tersebut memberitahu kompiler Java bahwa kita ingin melakukan perluasan class.


public class Mamalia {
void KelasMamalia () {
.....
}}
class Paus extends Mamalia {
void TampilkanPaus () {
.....
}}
 Pada saat class Paus menurunkan atau memperluas (extend) class Mamalia, maka ia mewarisi data member yang dipunyai oleh class Mamalia. Dengan demikian, class Paus mempunyai data member yang diwarisi oleh Mamalia (behaviournya), ditambah dengan data member yang ia punyai (tempat hidup,dsb).

Beberapa aturan tentang pewarisan(inheritance) yang perlu diperhatikan :
1. Java hanya memperkenankan adanya single inheritance. Konsep single inheritance hanya memperbolehkan suatu sublass mempunyai satu parent class. Dengan konsep single inheritance ini, masalah pewarisan akan dapat diamati dengan mudah.

2. Subclass juga merupakan class biasa, maka kita tetap dapat melakukan pewarisan pada subclass ini. Misal : class B merupakan subclass dari class A, kita dapat membuat class baru yang diturunkan dari class B sehingga class baru tersebut akan memiliki apa yang dimiliki oleh class A dan class B.

3. Suatu parent class dapat tidak mewariskan sebagian member-nya kepada subclass-nya. Sejauh mana suatu member dapat diwariskan ke class lain, ataupun suatu member dapat diakses dari class lain, sangat berhubungan dengan access control (kontrol pengaksesan). Di dalam java, kontrol pengaksesan dapat digambarkan dalam tabel berikut ini:

akseskontrol
Saya akan memberikan contoh gambaran Inherit beserta programnya, sebelum itu lihat bagan berikut ini:
javainherit
Di sini dapat kita lihat dengan jelas penurunan sifat dari kelas parent(super class), kepada kelas childnya (sub class.)

Kita lihat dalam coding programnya:

klik pada gambar biar lebih jelas !!!

codingjavainherit1compile coding programnya kemudian jalankan maka anda akan melihat Inheritance dari parent classnya..selamat mencoba..


output

0 komentar: