Mengenal ASP.NET

Pengantar

ASP.NET, script pemrograman server untuk aplikasi website, generasi baru – penerus dari ASP (Active Server Pages atau classic ASP) keluaran raksasa software Microsoft, kini semakin luas diadopsi dan diterapkan, terutama pada website korporasi dan organisasi dunia. Hal ini telah menyebabkan keperluan akan programer ASP.NET meningkat pesat. Di lain pihak bahasa pemrograman ASP.NET ini nampaknya cukup sulit untuk dipelajari, sedangkan referensi mengenainya juga masih sangat terbatas, terutama yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Untuk itu kami rasakan perlu untuk ikut membantu menyediakan tambahan referensi berupa tutorial pengantar belajar pemrograman dengan ASP.NET ini.
Perlu diingat ASP.NET bukanlah kelanjutan dari ASP klasik (classic ASP, dengan versi terakhir 3.0), tapi ASP.NET merupakan teknologi scripting server baru yang berbeda & lebih canggih. ASP.NET berdasarkan teknologi framework .NET dari Microsoft. ASP.NET merupakan teknologi scripting server yang sama sekali berbeda dan baru, diciptakan dari paling dasar ke atas, serta tidak didesain untuk harus kompatibel dengan teknologi ASP sebelumnya.

Asumsi Pengetahuan Dasar

Sebelum meneruskan tutorial ASP.NET ini, pembaca kami asumsikan sudah memiliki dasar-dasar yang baik mengenai:
  • Internet, website dan dasar-dasar membuat halaman web standar HTML
  • Pengetahuan bahasa scripting lainnya seperti VBScript atau JavaScript
  • Dasar-dasar pemrogramam scripting sisi-server (server-side) seperti ASP atau PHP

Apakah ASP.NET itu

ASP.NET adalah teknologi scripting sisi server dari Microsoft yang memungkinkan perintah script yang diselipkan dalam halaman web untuk dieksekusi oleh web server, dalam hal ini web server IIS (Internet Information Server) keluaran Microsoft dengan kemampuan framework .NET. IIS sendiri merupakan komponen bagian yang umumnya tersedia gratis pada jajaran server sistem operasi Windows (Windows 2000, Windows XP Professional, Windows Vista Enterprise atau Windows 7 versi Enterprise).

File-file ASP.NET dan Dasar Kerja Scripting Server

File ASP.NET hakikatnya merupakan file text dengan ekstensi “.aspx” berisikan kode script, HTML atau XML. File-file ini diletakkan pada directory tempat web server IIS beroperasi agar dapat diolah dan diinterpretasi oleh IIS.
Ketika web browser meminta suatu halaman berekstensi .aspx, IIS akan meneruskan permintaan itu ke mesin pengolah ASP.NET di server yang membaca baris demi baris script di dalamnya sekaligus mengeksekusinya. Hasil pengolahan ini dikembalikan ke web server IIS berupa kode HTML biasa, untuk diteruskan ke web browser pengguna, sehingga hasil akhir pengolahan (berupa halaman web HTML biasa tadi) dapat ditampilkan (di-render) dengan baik oleh web browser pengguna.

Framework .NET Microsoft

Framework .NET adalah infrastruktur dasar dari platform .NET Microsoft berupa lingkungan untuk membangun, mendistribusikan dan menjalankan aplikasi web dan layanan web.
Teknologi scripting server ASP.NET ini berbeda dengan pendahulunya ASP (Active Server Pages) klasik yang memiliki kekurangan bawaan berupa terlalu berorientasi kode serta bukan merupakan framework aplikasi, juga dirasa sebagai bukan alat pengembangan tingkat enterprise.
Frameworks .NET bertujuan untuk membuat:
  • Memrogram dengan lebih mudah dan cepat
  • mengurangi jumlah kode untuk menghasilkan hasil yang sama
  • merupakan pemrograman model yang deklaratif
  • memiliki hirarki kontrol server yang lebih kaya dengan kejadian “events”
  • memiliki pustaka librari berupa “class” yang lebih banyak & besar
  • memiliki dukungan alat pengembangan yang lebih baik
Frameworks .NET memiliki fleksibilitas pilihan bahasa pemrograman berbagai macam (puluhan pilihan) diantaranya yang paling terkenal:
  • C# (baca: C-sharp)
  • VB.NET
  • J# (baca J-sharp)
ASP.NET telah berkali-kali diperbaharui oleh Microsoft dengan berbagai alasan & pertimbangan, sehingga dapat ditemukan ASP.NET 2.0, ASP.NET 3.0, ASP.NET 3.5 dan ASP.NET 4.0. Yang pada intinya perbaikan, penambahan fsilitas dan penyempurnaan dari ASP.NET versi sebelumnya.

0 komentar: